16 Desember 2008

Ngeremis, rekreasi yang murah meriah

Yang dimaksud dengan ngeremis adalah mencari kerang kecil (keremis) yang terdapat di pasir pantai.
Sambil menikmati pemandangan pantai, andapun bisa bercengkrama dengan para pencari keremis yang lain.
Kegiatan ngeremis ini biasanya dilakukan pada sore hari (antara pukul 15.00 sampai menjelang magrib), dimana ketika air sedang surut.
Ngeremis bisa dilakukan oleh semua gologan usia, karena selain bisa ber-rekreasi dan menikmati pemandangan pantai sore hari bahkan kalau cuaca cerah anda bisa menyaksikan sunset, selain itu andapun bisa mendapatkan hasil, (bahkan sebagian masyarakat Belitung, khususnya Tanjungpandan, menjadikan ngeremis ini sebagai penghasilan sampingan atau tambahan, karna kalau hasilnya banyak bisa untuk dijual ke pasar, lumayan untuk nambah-nambah belanja dapur).
Namun sebagian besar yang ngeremis hanyalah untuk mengisi waktu luang, bahkan bagi para muda-mudinya ngeremis ini bisa dijadikan ajang untuk bertemu.
Kegiatan ini boleh dikatakan rekreasi yang murah meriah bahkan gratis, karena hanya dengan bermodalkan papan yang diberi paku, anda sudah bisa melakukan aktifitas ngeremis ini. Namun kalaupun anda sudah mahir anda cukup dengan melihat "mata" dari keremis ini, namun cara ini sulit dilakukan, karena hanya mereka yang berpengalaman saja yang dapat mencari keremis dengan cara ini.
Keremis ini dapat ditemui di setiap pantai berpasir di seluruh Belitung.
Untuk cara pengolahan keremis sangat mudah, keremis yang baru didapat dari laut, setelah dicuci kemudian cukup direbus dalam air (kurang lebih 15 menit), dan kalau keremisnya sudah terbuka berarti sudah masak dan siap untuk di olah ataupun bisa disantap langsung sebagai teman nasi, namun biasanya sih untuk campuran mie instant dan rasanya sangat gurih.
Selamat berlibur dan mencoba.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Keremis atau remis yang direbus konon berkhasiat obat.

Joe Billiton Gank mengatakan...

Kalok "keremis" pasti nyaman demakan, tapi klok "remis" hm... berarti benci kan dengan sesuatu atau seseorang