09 Desember 2008

Bunga bangkai di Belitung

Berita/cerita ini mungkin sudah basi (khususnya bagi masyarakat Belitung timur), namun ini hanya sekedar mengingatkan/mengenangkan bahwa di Belitung juga pernah ada atau tumbuh bunga langka yaitu bunga bangkai.

Ternyata bukan hanya di lampung yang terkenal dengan bunga bangkainya (bahkan dijadikan maskot/lambang daerah), namun di Belitung juga ada bunga bangkai. Berdasarkan informasi yang saya baca di Wikipedia, ternyata bunga bangkai yang ada di Belitung nama latinnya Amorphophallus Titanium bukan Raflesia Arnolldi, namun ukurannya tidak sebesar yang ada dilampung ataupun di kebun raya Bogor. Berdasarkan informasi yang saya dapat, bunga bangkai di Belitung ini tumbuhnya di dusun Kalamoa, desa lalang kecamatan manggar, kabupaten Belitung timur, foto diatas diambil tgl. 29 Oktober 2008 saat bunga sedang mekar.


Foto ini diambil tgl. 1 Nopembe 2008 oleh bung Awank atau Bedoel, saat foto diambil diperkirakan bunga bangkai berumur 1 minggu lebih dan sudah hampir layu, tidak tahu pastinya kapan bunga ini tumbuh dan berasal darimana, namun yang pasti banyak opini yang timbul (terutama yang berhubungan dengan mitos) sejak adanya bunga bangkai ini.

Tidak ada komentar: