10 Januari 2009

Kemajuan teknologi dan akibat nya.

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini dunia dibuat menjadi sangat kecil, tapi bukan kecil secara harfiah, namun secara leksikal, itu dikarenakan semakin canggihnya sarana komunikasi, maka semua terasa dekat.
Salah satu contoh kemajuan teknologi adalah jika dulu kalau kita ingin menonton suatu pertandingan langsung suatu cabang olah raga atau apalah, kita harus datang ketempat pertandingan tersebut dengan berdesak-desakan dengan pengujung lain, tapi skarang jika anda ingin menonton suatu pertunjukkan anda tidak perlu repot-repot, tinggal duduk di depan layar kaca, (istilah keren untuk televisi), dengan ditemani secangkir kopi anda dapat dengan santai menyaksikan pertandingan tersebut tanpa harus capek-capek dan berpanas-panasan.
Kalau dulu jika kita ingin nonton film, kita harus ke bioskop, namun skarang cukup dengan uang Rp.1000 s.d. Rp.2000, kita sudah dapat menonton film kesukaan tanpa harus ke bioskop
Itu baru sebagian kecil contoh dari kemajuan teknologi dan khususnya dibidang telekomunikasi, kemajuannya lebih pesat lagi. Kalau dulu jika kita ingin menghubungi seseorang lewat telpon, maka kita harus pergi ke telpon umum atau wartel, tapi sekarang, dengan benda yang kurang lebih sebesar kotak rokok yg di sebut hp, maka anda sudah bisa berkomunikasi dengan lawan bicara anda dari mana saja, bahkan bisa sambil tiduran. Dengan hp, anda
bukan hanya nelpon, tp juga internetan, saling berkirim surat, chatting bahkan nonton tv, itu semua dapat dilakukan dangan hp.
Namun dampak negatifnya pun banyak, khususnya mengenai moral dan etika terutama bagi anak sekolah karena segalanya dapat dengan mudah di akses melalui internet baik itu gambar maupun film porno yang sangat merusak jiwa generasi muda kita.
Itu semua tidak lepas dari tanggung jawab kita sebagai warga masyarakat.
Jadi pandai-pandailah memilah kemajuan teknologi ini jangan sampai kita terjerumus di dalamnya.

Tidak ada komentar: